Minggu, 22 Desember 2013

Tips Cara Agar Mencegah Lombok atau cabe tidak gampang busuk

Ahai.....bagi para ibu yg suka bikin sambal...mg info dari okefood ini bermanfaat yaaa......
BAHAN makanan basah memang mudah busuk, termasuk cabai. Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Anda mungkin punya banyak stok cabai segar yang akan terbuang sia-sia bila sudah busuk. Mengeringkan cabai menjadi salah satu cara untuk menjaganya mudah busuk, bahkan bisa dipakai kapanpun Anda membutuhkannya di kemudian hari.

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah sarung tangan. Pakai alat tersebut selama Anda mengerjakan proses pengeringan cabai, jenis apapun. Semua cabai, termasuk paprika, mengandung minyak yang bisa 'membakar' mata, mulut, dan hidung, juga kulit bagi mereka yang memiliki jenis sensitivitas tinggi.

Berikut beberapa metode mengeringkan cabai, seperti diulas Happyliving:

Metode gantung
Metode kuno mengeringkan cabai adalah dengan menggantungnya. Jika Anda memiliki tempat yang terbuka, metode ini menjadi pilihan terbaik. Tempat terbuka memungkinkan sirkulasi udara bekerja baik sehingga cabai akan cepat kering.

Siapkan alat-alat berupa jarum dan benang atau tali pancing. Mulailah dengan memasukkan benang panjang atau tali pancing ke dalam jarum jahit. Di ujung benang atau tali pancing, ikatkan sebuah kayu kecil untuk menahan cabai tidak jatuh ketika digantung. Setelah itu, tusukkan cabai satu per satu hingga habis. Metode ini biasanya memakan waktu tiga pekan sampai satu bulan sampai cabai benar-benar kering.

Metode dehidrator
Cara keempat pengeringan cabai dengan dehidrator. Dehidrator dapat dibeli dengan atau tanpa kipas. Siapkan cabai seperti yang Anda lakukan untuk metode oven. Anda dapat membuang bijinya atau sebaliknya.

Letakkan cabai, sebar secara merata pada nampan dehidrator, lalu hidupkan mesinnya. Dengan alat ini, cabai umumnya bisa kering antara 8-10 jam untuk dehidrator dengan kipas atau 10-12 jam dengan dehidrator tanpa kipas.

Penggunaan cabai kering
Cabai kering dapat digunakan dalam berbagai hidangan, dengan rasa pedas yang tidak kalah dari cabai segar. Sementara, biji cabai yang telah Anda buang sebenarnya bisa juga dimanfaatkan. Saat biji cabai telah kering, blender hingga halus atau bisa juga semi halus, selanjutnya untuk taburan berbagai hidangan.

1 komentar: