Minggu, 01 Februari 2015

Trik Membuat Ayam Panggang Tanpa Resep


Trik Bikin Ayam Panggang Tanpa Resep

Trik Bikin Ayam Panggang Tanpa Resep
Bikin ayam panggang tanpa resep (Foto:Food52)
KETIKA membuat suatu masakan, apakah Anda benar-benar berpatokan pada resep? Ada kalanya resep tidak benar-benar kita butuhkan. Karena setelah sadar kita memasak tanpa resep, ternyata kita akan lebih sering membuat masakan yang menjadi favorit itu.
Salah satu olahan di mana Anda tidak perlu resep untuk membuatnya, yaitu ayam panggang. Dilansir Food52, Minggu (1/2/2015), berikut cara membuat ayam panggang tanpa resep.
Pilih ayam
Jenis ayam atau bagian ayam yang akan dipanggang, tentu ini adalah selera Anda. Apakah itu ayam negeri (broiler) atau ayam kampung. Apakah bagian paha atau dada. Begitu juga dengan membuang lemak pada ayam. Ini tergantung selera masing-masing orang. Food52 memilih ayam broiler utuh dengan ukuran besar dan menghilangkan semua lemak pada ayam.
Setelah ayam dicuci bersih, keringkan dengan tisu makan. Sambil Anda memanaskan oven hingga sekira 260 derajat Celcius.
Bumbui ayam
Bumbui ayam dengan garam dan lada bubuk merata ke seluruh bagian ayam, hingga bagian dalam. Bumbui juga dengan rempah-rempah, seperti bawang putih, lemon dan herbal, seperti sage atau thyme. Jika ingin rasa bawang putihnya lebih berasa, keprek beberapa lagi dan lemparkan ke dalam ayam. Jika di rumah hanya ada jeruk biasa, bukan jeruk lemon? Tidak apa-apa, jeruk biasa pun bisa digunakan.
Trik memanggang
Karena Anda akan memanggang ayam utuh, maka perhatikan bagian-bagian ayam yang akan cepat matang. Seperti bagian sayap. Karena ukurannya yang kecil dan minim daging, maka bagian sayap akan mudah matang. Sembunyikan kedua sayap di bawah dada ayam. Ini untuk mencegah bagian sayap cepat matang dan akhirnya gosong, sebelum bagian yang lainnya.
Siap masuk oven
Panggang ayam kira-kira 10 menit setiap pound-nya atau sekira setiap 0.4 kg. Atau sampai panas ayam kira-kira mencapai 73.8 derajat Celcius. Jika Anda masih memiliki banyak waktu memasak, Anda bisa membuat saus untuk siramannya. Atau langsung dimakan begitu ayam matang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar