Kamis, 20 November 2014

Membuat Cemilan dari Bahan-bahan Seadanya

Musim hujan telah tiba, selain banjir juga macet di mana-mana. Keadaan seperti ini kadang bikin saya segan dan malas keluar rumah. Enaknya nonton TV dan main sama anak-anak. Tapi masak cuma nonton TV aja? Yang ada anak-anak ngak akan terima, pasti mereka menuntut apa yang namanya cemilan. Yups…pastilah itu apalagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.
Tapi bagaimana bila persediaan makanan di rumah menipis dan di luar hujan sedang gencar-gencarnya. Hal ini akan membuat makin malas untuk belanja ke pasar atau swalayan. Seperti yang saya alami kemarin pada hari Senin 13 Januari 2014, saat seharian hujan dari pagi sampai malam –malah hujan dari hari Minggu kalo ngak salah dan persediaan makanan fresh menipis. Akhirnya yang saya lakukan adalah membongkar isi kulkas.
Yuk, kita intip bahan-bahan apa yang ada di kulkas saya
- Sosis sapi
- Cornet
- Udang beku
- Roti Perancis –roti yang keras, bisa buat nge-ronda karena sekeras pentungan.
- Keju
Di samping bahan-bahan di atas, ternyata saya juga punya sekantong singkong –pemberian tetangga dan kentang beberapa buah.
Akhirnya dengan berbekal ke-sotoy-an saya gegara suka nontonin master chef, saya dengan pede-nya berusaha mengolah bahan-bahan makanan tersebut. Ehem , yuk mulai masak :
- Resep pertama : Bruschetta Cornet en Cheese ala Saya
Bahan : roti Perancis, cornet beef dan keju
Cara pembuatan : potong-potong roti secara melintang, kemudian olesi mentega lalu cornet dan terakhir letakkan lembaran keju di atasnya. Kemudian bakar dalam oven sekitar 10 menit atau sampai kejunya lumer –kalo males ngeluarin oven pakek teflon aja panggang di atas kompor. Simple kan?
1389704519745864169
Bruchetta Cornet en Cheese - koleksi pribadi
Kalo mau lebih serius bikin bruschetta yang lebih enak dari bahan-bahan yang fresh, bisa gunakan daging cincang, bawang Bombay+bawang putih ditumis. Yang minimalis juga ada nih, dan wajib dicoba : ulek bawang putih campurkan dengan mentega dalam wadah aduk rata. Lalu oleskan pada roti dan taburi dengan seledri cincang. Uwooowww …endang loh!(Sumber Kompasiana )
- Resep kedua : Singkong nan Merekah ala Saya
Bahan : singkong, bawang putih, garam –ya udah ini aja bahannya.
Cara pembuatan : Kupas singkong dan potong-potong sesuai selera, lumuri dengan ulekan bawang putih yang diberi garam secukupnya. Biarkan meresap, kemudian goreng sebentar lalu tiriskan. Masukkan singkong ke dalam baskom berisi air es kira-kira sepuluh menit lalu goreng lagi dengan minyak panas. Dan lihatlah, sekumpulan singkong dalam wajan pun merekah, mewangi dan menggoda setiap makhluk yang sedang terserang lapar.
13897046761994444778
singkong yang bermekaran di hatiku saat hujan
- Resep ketiga : Udang Lumer saus Keju Mayo ala Saya
Bahan : udang, keju, mayones
Cara pembuatan : kupas kulit udang tumis dengan bawang putih –jangan terlalu lama numisnya supaya udang masih terasa juicy –kalo kelamaan daging udang akan liat/keras. Setelah itu kecilkan api masukkan keju parut, biarkan meleleh. Matikan api beri beberapa sendok mayones aduk rata dan siap dihidangkan. Sebagai pelengkap saya sajikan dengan sosis sapi goreng yang dikerat-kerat dan kentang goring yang dipotong dadu.
1389704764614975199
udang lumer saus keju mayo - foto pribadi
Nah…gampang kan? Dijamin bisa enjoy di rumah, ngak usah keluar bermacet-macet saat musin hujan gini. Selamat mencoba…:D.  Kalo udah jadi jangan lupa, saya minta bagian, ya…he he he(Sumberhttp://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2014/01/14/yuk-bongkar-kulkas-saat-musim-hujan-dan-segan-keluar-rumah-627844.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar