Rabu, 12 November 2014

Resep gulai ayam asli minang

 Bunda,coba yuks resep gulai ayam nie....enak looo...
 
 
Tak ada yang bisa menahan godaan gulai ayam Minang. Seperempat ekor ayam dibalut kuah santan kental dengan sedikit genangan minyak oranye. Aroma wangi rempahnya sungguh menggelitik. Amboi sedapnya!

Setiap rumah makan Minang pasti punya menu gulai ayam tersedia. Menu ini memang cukup populer setelah gulai telur hingga gulai tunjang. Ini karena rasanya gurih pedas dengan ayam yang empuk.

Di Malaysia khususnya Kelantan ada juga gulai ayam. Bentuknya mirip gulai ayam khas Indonesia. Gulainya mempunyai kuah encer dengan warna kemerahan mirip kari. Biasanya gulai ayam tersebut disajikan bersama dengan roti jala yang kenyal.

Untuk gulai ayam khas Minang, biasanya yang dipakai adalah ayam kampung atau ayam jantan yang muda. Ayam kampung mempunyai bentuk lebih kecil, tapi pilihan ayam ini lebih populer karena rasanya lebih gurih dan juicy.

Walau terlihat sederhana, hidangan ini mempunyai beragam macam bumbu yang harus dipakai. Untuk bumbu halus, diperlukan racikan bumbu rempah seperti bawang, cabai merah besar, jahe, kunyit, ketumbar, adas manis, dan jintan.

Untuk bumbu yang gurih dan kaya rasa, ditambahkan lagi rempah seperti daun jeruk, daun kunyit, asam kandis, kayu manis, serai, lengkuas, cengkih, kapulaga, dan pala. Santan dari kelapa segar yang kental, gurih dan manis dipakai untuk merebus ayam dan bumbunya.

Walau mempunyai menu gulai ayam, tak semua restoran khas Minang menyajikan gulai ayam sama. Kuah yang sedikit kemerahan menandakan rasa sedikit lebih pedas dan campuran cabai lebih banyak. Ada pula yang lebih kuning. Namun, pemakaian santan segar merupakan kelezatan gulai ayam.

Tertarik mencicipi gulai ayam? Beberapa tempat di Jakarta ini bisa Anda sambangi. Ada Rumah makan Minang Raya, Sederhana Masakan Padang, dan Natrabu Minang Restaurant.(sumber:detik food)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar