Kamis, 10 Januari 2013

Ayam Kremes

Bagi yang suka ayam goreng, biar tidak bosan bisa bikin ayam kremes seperti yang dipaparkan chef sisca soewitomo pakar kuliner indonesia pada okefood,berikut ini.Silahkan coba ya :)


HAI Chef, saya (Yuni). Saya suka sekali dengan olahan ayam, tapi bosan juga kalau terus menyantap ayam goreng atau diolah dengan santan. Adakah olahan ayam lainnya yang menghilangkan kejenuhan tersebut?

Yuni-Tegal

Jawab:

Untuk menghilangkan rasa jenuh dalam menyantap ayam, Anda bisa membuat ayam kremes. Proses membuatnya pun cukup mudah.

Caranya, ambil satu ekor daging ayam lalu dipotong menjadi 20 bagian. Bumbu-bumbu yang diperlukan, yaitu bawang putih (10 siung), garam (2sdt), merica (1 sdt), kaldu ayam (2 sdt), air (500 ml), 2 batang serai, dan 5 lembar daun jeruk.

Memasak ayam kremes bisa memakai dua proses, yakni direbus saja atau dibuat presto, sesuai selera Anda. Kalau mau memakai proses merebus, bumbu ditumis terlebih dahulu lalu lumuri ke seluruh bagian ayam. Kemudian, rebus sampai lunak, dan bumbu meresap sempurna.

Sementara, teknik presto, caranya masukkan air dan bumbu, cicipi air bila sudah gurih, masukkan ayam, lalu presto. Masak dengan api besar lalu kecilkan bila air mulai mendidih. Setelah 15 menit, matikan api lalu diamkan selama 30 menit dan jangan buka penutupnya agar bumbu meresap.

Kalau sudah, buka penutupnya lalu goreng ayam. Sedangkan untuk membuat kremesnya, campurkan 1 butir telur, tepung beras (50 gram), dan air hingga mirip adonan pisang goreng yang agak encer. Goreng adonan sedikit demi sedikit dengan menyebarkannya menggunakan tangan di atas minyak goreng panas.

Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner Indonesia
 (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar