Selasa, 29 Januari 2013

Bikin Teh Serai Nikmat Yuks !

 Ahai...bagi Anda yang ingin menu minuman yangs ehat dan istimewa tips dari bu Sisca dari okefood berikut bisa dicoba,bikin teh serai....mmm...mantab :)


HAI Bu Sisca, perkenalkan saya Yuni (26). Di musim hujan paling enak menikmati minuman hangat, tapi kalau sebatas mengonsumsi teh, kopi, dan wedang jahe rasanya sudah biasa.

Adakah minuman hangat lainnya sehingga saya bisa menikmati minuman hangat tanpa jenuh? Terima kasih atas jawabannya

Yuni-Cengkareng

Jawab:

Musim hujan paling nikmat mengonsumsi minuman hangat, apalagi bagi Anda yang sedang merasa kedinginan. Bila ingin membuat minuman hangat, Anda bisa membuat teh serai yang prosesnya cukup mudah.

Bahan utama adalah serai. Ada dua proses pengolahannya, yakni direbus dan dibakar. Pilih saja sesuai selera Anda.

Pertama, teh serai dengan dibakar, caranya cuci bersih serai lalu bakar hingga mengeluarkan aroma wangi. Jika sudah, potong-potong dan ambil bagian putihnya. Selanjutnya, rebus air, serai, serta jahe yang sudah dikeprek hingga berwarna kecokelatan. Angkat, saring, lalu dinginkan. Setelah itu, campur dengan perasan jeruk nipis dan madu. Bila ingin disajikan dingin, tambahkan es krim vanilla sebagai topping-nya.

Kedua, teh serai dengan direbus. Sebenarnya prosesnya hampir sama, hanya saja serai tidak perlu dibakar. Untuk pemanisnya, Anda bisa menggantikan madu dengan gula merah. Prosesnya, yaitu masak air, serai, jahe yang sudah dikeprek, dan gula merah. Masak hingga mendidih, gunakan api kecil. Bila sudah harum, matikan kompor. Angkat dan saring lalu sajikan dalam gelas selagi hangat.

Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar