Rabu, 30 Januari 2013

Bikin Nasi Gurih Ayam Yuks

Anda bingung mengolah nasi  yang itu itu aja?...ni dari okefood ada menu yang rugi kalo gak dicoba.....hehehe...nasi gurih ayam.Gimana Tertarik?.....monggo dicoba ;)



CHEF, saya Rani (30), kadang bingung membuat menu sarapan. Bosan juga bila terus menyajikan nasi goreng, roti bakar, atau mi goreng. Saya ingin sekali menyantap menu sarapan yang berbeda untuk disajikan di tengah keluarga. Bisakah Chef berbagi resepnya? Terima kasih atas jawabannya.
 
Rani-Pamulang
 
Jawab:
 
Banyak makanan bisa diolah untuk menu sarapan, bergantung pada kreativitas Anda. Salah satunya adalah nasi gurih ayam. Olahan nasi yang biasa dikonsumsi warga Jepang ini bisa dibilang cukup menyehatkan.
 
Pertama-tama, masak daging ayam bersama kulitnya. Pastikan bagian kulit ayam dimasak menghadap ke permukaan panci karena dari situlah rasa gurih ayam bisa keluar, jadi Anda tak perlu menggunakan minyak lagi saat menumisnya.
 
Usahakan saat merebus, gunakan wadah yang dingin. Bila wadahnya panas, aroma gurih dari kulit ayam akan hilang. Lalu, masak hingga kulit ayam berubah kecokelatan. Jika sudah, lepaskan kulit dari daging ayam, bagi yang suka, Anda bisa gunakan kulit untuk dimasak.
 
Kemudian, potong daging ayam mengikuti seratnya dengan ukuran sesuai selera. Ambil terong tetapi buang bagian bawahnya saja, belah menjadi dua bagian, potong dadu. Tumis terong, karena sudah ada lemak dari kulit ayam, maka tak perlu lagi minyak saat menumis terong. Masukkan potongan ayam lalu beri garam, aduk hingga rata. Masak hingga setengah matang. Angkat dan pindahkan ke piring.
 
Selanjutnya, masak nasi, tambahkan dengan kecap kikoman, garam, jahe parut, irisan bawang putih, dan penyedap rasa. Terakhir, masukkan olahan terong dan ayam lalu masak hingga nasi matang. Nasi gurih ayam pun siap disajikan.
 
Chef Kimio Nonaga
Juara Iron Chef 2002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar