Sabtu, 31 Januari 2015

Memasak Spaghetti Bolognese yang Tidak Lengket


Untuk bisa membuat spaghetti bolognese yang enak, memasaknya jangan teralu matang dan supaya spaghetti tidak lengket, dan supaya sajian yang Bunda berikan bisa lebih berkesan. Bunda bisa mencoba resep dan cara membuat spaghetti bolognese serta beberapa tips yang perlu di perhatikan berikut ini, selamat mencoba.

Bahan:

- Bawang bombay 1 buah, cincang kasar
- Wortel 1 buah, kupas, potong dadu kecil
- Seledri 2 batang, iris tipis
- Daging sapi cincang 300 g
- Tomat segar 5 buah, cincang kasar
- Spaghetti 200 g
- Oregano bubuk 1/4 sdt
- Saus tomat 3 sdm
- Pasta tomat 1 sdm
- Kaldu sapi 100 ml
- Merica secukupnya
- Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Tumis bawang Bombay dengan sedikit margarin hingga harum, masukkan daging cincang dan wortel. Masak hingga daging berubah warna.
2. Masukkan tomat cincang, masak hingga tomat berubah warna menjadi lebih terang.
3. Masukkan pasta tomat, saus tomat, merica bubuk, garam, oregano dan kaldu. Masak hingga semua bahan matang dan kaldu tingal setengahnya. Angkat.
4. Didihkan air, satu sendok teh minyak goreng dan setengah sendok teh garam. Masukkan spaghetti, rebus hingga lunak. Angkat dan tiriskan.
5. Penyajian: Letakkan spaghetti di atas piring saji, tuangkan saus daging di atasnya.
Untuk 2 porsi

Tips:

1. Agar spaghetti tidak lengket, bisa disiasati dengan memberikan sedikit salad oil setelah direbus, caranya tiriskan spaghetti letakkan ke dalam mangkuk tuangkan minyak sayur secukupnya aduk rata. Minyak sayur tidak perlu dituangkan terlalu banyak. Pasti spaghetti anda akan bertekstur bagus dan tampak lebih segar.
2. Spaghetti yang terlalu matang akan mempengaruhi rasa, di sebabkan karena merebusnya terlalu lama. Oleh sebab itu kita harus menghindari over boiled, karena dapat menjadikan tekstur spaghetti menjadi lembek. Caranya kita gunakan garpu untuk mengambil sedikit spaghetti yang tengah direbus di dalam air mendidih, lalu letakkan di atas chopping board dan iris dengan pisau, jika tengahnya tampak sedikit garis kuning yang lebih gelap maka spaghetti tersebut dapat dikategorikan telah cukup matang atau al dente.
(Sumber Nyata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar